Efek Konsumsi Garam Berlebihan


 

Garam sangat penting untuk penambah rasa dari masakan yang Anda olah. Namun Anda juga harus berhati-hati dengan asupan garam Anda. Sebab terlalu banyak garam juga dapat membahayakan kesehatan.

Inilah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi garam seperti dilansir dari magforwomen.com.

Peningkatan tekanan darah

Garam memiliki potensi untuk meningkatkan tekanan darah dan berkontribusi pada peningkatan risiko stroke tidak peduli pada usia berapapun Anda. Sehingga kurangi konsumsi garam agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Kanker perut

Helicobacter pylori adalah bakteri yang berkontribusi menyebabkan gangguan kesehatan lambung seperti kanker dan maag. Mengonsumsi garam mampu merusak lapisan perut Anda sehingga akan rentan terhadap bakteri dan meningkatkan risiko kanker perut.

Obesitas

Selain gula, obesitas juga disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan. Sebab garam mampu mengikat lemak sehingga Anda pun akan rentan terkena kenaikan berat badan.

Gangguan ginjal

Batu ginjal dapat menjadi masalah kesehatan yang menyakitkan. Dan tahukah Anda bahwa garam menjadi penyebabnya? Sebab konsumsi garam terlalu banyak mampu menyebabkan kelebihan kalsium yang kemudian mengganggu kerja ginjal. Selain itu tekanan darah yang tinggi karena garam juga mampu merusak kesehatan ginjal.

Kembung

Kembung sering disebabkan oleh retensi air di dalam tubuh dan konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan hal ini. Sebab selain mengikat lemak, garam juga mampu mengikat air.

Hilangnya kepadatan tulang

Mengonsumsi garam terlalu banyak mampu menyebabkan penumpukan natrium di dalam tubuh. Dan natrium tinggi inilah yang kemudian dapat menyebabkan tulang lemah. Sehingga sebaiknya kurangi konsumsi garam agar Anda tidak terkena risiko osteoporosis.

Untuk mengurangi konsumsi garam secara berlebihan, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per hari. Selain itu hal yang perlu diingat pula bahwa garam pun bisa datang dari bumbu masakan lain. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memberikan garam pada masakan Anda…

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: