Taukah anda tentang alquran


MASYAALLAH…

SEBAIKNYA KITA TAHU TENTANG AL QUR’AN…?

1. Surat terpanjang di dalam al-Qur`an: surat al-Baqarah.

2. Surat terpendek di dalam al-Qur`an: surat al-Kautsar.

3. Ayat terpanjang di dalam al-Qur`an: Ayat 282 surat al-Baqarah.

4. Ayat terpendek di dalam al-Qur`an: Ayat 64 surat ar-Rahman, مُدْهَامَّتَانِ (MudHaammataan), yang bermakna: “kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya”

5. Ayat di dalam al-Qur’an yg di dalamnya terkandung seluruh huruf hijaiyah (dari Alif sampai dengan Yaa), yaitu: Surat al-Fath/48 ayat 29 dan surat Ali ‘Imran/3 ayat 154.

6. Surat yg paling utama di dalam al-Qur`an: surat al-Fatihah.

7. Juz yg paling banyak berisi surat: Juz ke-30 (Juz ‘Amma)

8. Surat yg berisi banyak sumpah Allah: Surat as-Syams (surat ke-91)

9. Huruf yg paling banyak digunakan di dalam al-Qur`an: حرف الألف Huruf Alif.

10. Huruf yg paling sedikit digunakan di dalam al-Qur`an: حرف الظاء Huruf “Zho`”

11. Kata terpanjang di dalam al-Qur`an: “Fa-Asqoynaakumuuhu” فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ : surat al-Hijr ayat 22.

12. Nama nabi yg banyak disebut di dalam al-Qur`an: Nabi Musa as.

13. Malam yg paling utama yg disebut di dalam al-Qur`an: Malam Qadr.

14. Bulan yg paling utama yg disebut di dalam al-Qur`an: Bulan Ramadhan.

15. Minuman terbaik yg disebut di dalam al-Qur`an: Susu.

16. Makanan terbaik yg disebut di dalam al-Qur`an: Madu.

17. Angka terbesar yg disebut al-Qur`an: 100.000 (seratus ribu).

18. Hewan terbesar yg disebut di dalam al-Qur`an: Ikan Paus yg menelan nabi Yunus as.

19. Hewan terkecil yg disebut di dalam al-Qur`an: Nyamuk.

20. Nama buah yg paling banyak disebut di dalam al-Qur`an: Anggur.

MASYAALLAH…

Sember :

Iklan

Murid dan guru


🕊 IMAM MALIK DAN IMAM SYAFI’I🕊
Guru & Murid Tertawa Karena Beda Pendapat Tentang Rezeki
.
#Imam_Malik ( guru Imam Syafii ) dalam majlis menyampaikan :
Sesungguhnya rezeki itu datang tanpa sebab, cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan meberikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah mengurus lainnya.
.
Sementara #Imam_Syafii ( sang murid berpendapat lain) :
Seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya, bagaimana mungkin ia akan mendapatkan rezeki.
Guru dan murid bersikukuh pada pada pendapatnya.
.
Suatu saat tengah meninggalkan pondok, Imam Syafii melihat serombongan orang tengah memanen anggur. Diapun membantu mereka. Setelah pekerjaan selesai, Imam Syafii memperoleh imbalan beberapa ikat anggur sebagai balas jasa.
Imam Syafii girang, bukan karena mendapatkan anggur, tetapi pemberian itu telah menguatkan pendapatnya. Jika burung tak terbang dari sangkar, bagaimana ia akan mendapat rezeki. Seandainya dia tak membantu memanen, niscaya tidak akan mendapatkan anggur.
.
Bergegas dia menjumpai Imam Malik sang guru. Sambil menaruh seluruh anggur yang didapatnya, dia bercerita. . Imam Syafii sedikit mengeraskan bagian kalimat “seandainya saya tidak keluar pondok dan melakukan sesuatu (membantu memanen), tentu saja anggur itu tidak akan pernah sampai di tangan saya.”
.
Mendengar itu Imam Malik tersenyum, seraya mengambil anggur dan mencicipinya. Imam Malik berucap pelan.
“Sehari ini aku memang tidak keluar pondok…hanya mengambil tugas sebagai guru, dan sedikit berpikir alangkah nikmatnya kalau dalam hari yang panas ini aku bisa menikmati anggur. ……Tiba-tiba engkau datang sambil membawakan beberapa ikat anggur untukku. Bukankah ini juga bagian dari rezeki yang datang tanpa sebab. Cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan berikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah yang mengurus lainnya.”
.
#Guru dan #murid itu kemudian tertawa.
Dua Imam madzab mengambil dua hukum yang berbeda dari hadits yang sama.
Begitulah cara Ulama bila melihat perbedaan, bukan dengan cara menyalahkan orang lain dan hanya membenarkan pendapatnya saja..
Semoga dapat menjadi pelajaran buat kita semua..

SALAH TOTAL


Seorang Guru menuliskan ini di papan tulis :

5 x 1 = 7 5 x 2 = 10
5 x 3 = 15 5 x 4 = 20
5 x 5 = 25 5 x 6 = 30
5 x 7 = 35 5 x 8 = 40
5 x 9 = 45 5 x 10 = 50

Setelah selesai menulis dia balik melihat murid-muridnya yang mulai tertawa menyadari ada sesuatu yang salah.

Pak gurupun bertanya :
“Mengapa kalian tertawa?” Serentak mereka semua menjawab : “Yang nomor satu salaaaahhh Paaakk!” (tertawa bareng). Sejenak Pak guru menatap muridnya, tersenyum menjelaskan : “Saya memang sengaja menulis seperti itu agar kalian bisa belajar sesuatu dari ini.

Saya ingin kalian tahu, bagaimana dunia ini memperlakukan kita.

Kaliankan sudah melihat bahwa saya juga menuliskan hal yang benar sebanyak 9 kali, tapi tak ada satupun kalian yang memberi selamat.

Kalian malah lebih cenderung menertawakan saya hanya untuk satu kesalahan.

Hidup ini jarang sekali mengapresiasi hal-hal yang baik bahkan yang kita lakukan ribuan sekalipun.

Hidup ini justru akan selalu mengkritisi kesalahan kita, bahkan sekecil apapun yang kita perbuat. Ketahuilah anak-anakku : “Orang lebih dikenal dari satu kesalahan yang ia perbuat, dibandingkan dengan seribu kebaikan yang ia lakukan”. Semoga dari kesalahan kita bisa memperbaiki diri lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat

Uang 150 juta


KISAH UANG 150 Juta,

Sebelum pulang kantor, sang suami menelpon istrinya, “Sayang, alhamdulillah, bonus akhir tahun dari perusahaan sudah turun, Rp. 150 juta.” Di ujung telpon, sang istri tentu saja mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah, semoga barokah ya mas”.
Sejak beberapa bulan yg lalu mereka sudah merencanakan beli mobil sederhana untuk keluarga kecilnya. Dan uang yg turun mereka rasa cukup pas sesuai budget.

Namun dalam perjalanan pulang, dia ditelp oleh ibunya di kampung, “Nak, kamu ada tabungan? Tadi ada orang datang ke rumah. Ternyata almarhum ayahmu punya hutang ke dia cukup besar, Rp. 50 juta.” Tanpa pikir panjang, ia pun bilang ke ibunya, “Iya, Bu, insyaAllah ada.” Dalam perjalanan pulang ia pun sambil berpikir, “Nggak apa-apa lah, masih cukup untuk beli mobil yg 100 jutaan. Mungkin ini lebih baik.”

Ia pun melanjutkan perjalanan. Belum tiba di rumah, HP-nya kembali berdering. Seorang sahabat karibnya semasa SMA tiba-tiba menghubunginya sambil menangis. Sahabatnya itu sambil terbata mengabarkan bahwa anaknya harus segera operasi minggu ini. Banyak biaya yg tidak bisa dicover oleh asuransi kesehatan dari pemerintah. Tagihan dari rumah sakit Rp. 80 juta.

Ia pun berpikir sejenak. Uang bonusnya tinggal 100 juta. Jika ini diberikan kepada sahabatnya, maka tahun ini ia gagal membeli mobil impiannya. Tapi nuraninya mengetuk, “Berikan padanya. Mungkin kamu memang jalan Allah untuk menolong sahabatmu itu. Mungkin ini memang rezekinya yang datang melalui perantara dirimu.” Ia pun menuruti panggilan nuraninya.

Setibanya di rumah, ia menemui istrinya dg wajah yg lesu. Sang istri bertanya, “Kenapa, mas? Ada masalah? Nggak seperti biasanya pulang kantor murung gini?” Sang suami mengambil napas panjang, “Tadi ibu di kampung telp, butuh 50 juta untuk bayar utang almarhum bapak. Nggak lama, sahabat abang juga telp, butuh 80 juta untuk operasi anaknya. Uang kita tinggal 20 juta. Maaf ya, tahun ini kita nggak jadi beli mobil dulu.”

Sang istri pun tersenyum, “Aduh, mas, kirain ada masalah apaan. Mas, uang kita yg sebenarnya bukan yg 20 juta itu, tapi yg 130 juta. Uang yg kita infakkan kepada orang tua kita, kepada sahabat kita, itulah harta kita yg sesungguhnya. Yg akan kita bawa menghadap Allah, yg tidak mungkin bisa hilang jika kita ikhlas. Sedangkan yg 20 juta di rekening itu, masih belum jelas, benaran harta kita atau akan menjadi milik orang lain.”

Sang istri pun memegang tangan suaminya, “Mas, insyaAllah ini yg terbaik. Bisa jadi jika kita beli mobil saat ini, justru menjadi keburukan bagi kita. Bisa jadi musibah besar justru datang ketika mobil itu hadir saat ini. Maka mari baik sangka kepada Allah, karena kita hanya tahu yg kita inginkan, sementara Allah-lah yg lebih tahu apa yg kita butuhkan.”

….

Sunah memotong kuku


MEMOTONG KUKU HINGGA HARINYA PUN ADA SUNNAHNYA

-SABTU (Menyebabkan banyak makan)
-AHAD/MINGGU (Hilang barokah hidupnya)
-SENIN (Barokah ilmunya)
-SELASA (Mendatangkan bencana dan kerusakan)
-RABU (Buruk budi pekerti dan akhlaknya)
-KAMIS (Dilapangkan rezekinya)
-JUM’AT (Punya sifat belas kasihan pada orang lain / Welas Asih)

*Anjuran hari yang disunnah memotong KUKU , yaitu:
SENIN, KAMIS, JUM’AT
Ketika memotong kuku hendaknya diawali membaca Istighfar, Sholawat Nabi, LAA ILAA HA ILLALLAH

Selesai memotong kuku, potongannya disimpan atau dikubur di dalam tanah
(Sumber kitab Al-Bajuri Juz 1)
Rasulullah S.A.W bersabda: “Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada ( meninggal dunia), Dia akan tetap memperoleh pahala.” (HR. Al-Bukhari)

Semoga bermanfaat ☑
#Wallahu alam. jika ada kesalahan dari informasi ini😊
islami♥️♥️♥️♥️♥️

Ibu , ibu , ibu


Copas

Kisah Nyata :

ALLAH BAYAR SECARA TUNAI (Wajib Baca kalau anda seorang anak manusia)
.
Satu hari saya pergi ke satu Rumah Panti Jompo. Seorang sahabat meminta bantuan agar saya dapat menyalurkan bantuan kepada orang miskin.
.
Saya belikan kain sarung, beli roti, dll, saya pun pergi ke Panti Jompo yg saya kenal, tak usah saya sebut namanya.
.
Saat sampai kendaraan kami di perkarangan Panti Jompo tsb, tiba-tiba ada seorang ibu tua berlari dari asrama (panti) mebdekati saya.
.
“Ye..ye.. Anak aku datang, anak aku datang, senangnya anak aku datang..”
.
Saya tak mengenal beliau siapa, ibu itu memeluk saya, dia cium saya.
.
Orang tua itu berkata..
.
“Nak.. Kenapa tinggalkan ibu disini nak, ibu mau pulang.. Ibu rindu rumah kita..”
.
Saya waktu itu.. hampir tak bisa berkata-kata, Ya Allah.. Saya coba mengucapkan kata..
.
“Bu…..’
.
Saya pegang tanganya, saya lihat mukanya, dia bilang..
.
“Sampai hati nak, kau tak mengaku aku ni ibu kau..”
.
Bisa saya bayangkan, bagaimana perasan beliau begitu rindu pada anak nya, saya coba berpura-pura, seolah-olah saya anaknya, saya berkata..
.
“Bu.. Maafkan saya ya..”
.
Saya pegang tangannya, saya ajak duduk atas kursi, saya ambil roti, dan saya suapkan ke mulutnya. Tak terasa menetes air mata dipipi.
.
Mencoba bayangkan, hati seorang ibu yang rindu kepada anaknya, bila kita anaknya, mengambilkan sepotong roti, kita suapkan kemulutnya, bagaimana perasaan beliau? Bagaimana perasan kita?
.
Saya coba usap air matanya yg meleleh dipipi, dia pegang tangan saya, Subhana Allah.. Saya bisa merasakan bagaimana perasaan beliau yg begitu rindu kepada anaknya.
.
Saat saya hendak pulang, dia pegang kaki saya sambil berkata..
.
“Nak.. Jangan tinggalkan ibu nak, ibu mau balik, ibu mau pulang..”
.
Akhirnya saya minta izin dengan pihak pengawas panti di situ. Melihat data beliau ternyata anaknya ada 5 orang. Yang paling besar bergelar Tan Sri, orangnya memang kaya, punya nama besar, dan hebat orangnya.
.
Waktu saya izin pulang, dia pegang baju saya, dia bilang mau ikut saya pulang, saya bilang “di mobil ada banyak barang”, “tak apa kata ibu itu, saya duduk sama barang-barang, itu”..
.
Akhirnya saya izin ke pengelola panti untuk membawa ibu itu selama 5 hari saja.
.
Pulang ke rumah saya, Sholat Subuh saya jadi Imam dia makmum di belakang, saya baca doa, saya tengok air mata beliau jatuh. Selesai doa saya salami beliau, saya cium tangannya, saya bilang..
.
“Bu.. Maafkan saya ya..”
.
Waktu itu, saya tak membayangkan kalau ibu saya sudah meninggal, tapi saya bayangkan ibu ini adalah ibu saya, sebab dia rindu pada anak-anakny.
.
Di hari ketiga di rumah saya, waktu Sholat Isya’, selesai doa saya salami beliau, dia lapisi tangannya dengan kain mukena-nya, dia salam.
.
Saya bilang..
.
“Bu.. Kenapa ibu lapisi tangan ibu ?, dua hari yg lalu ibu salam, ibu tak lapisi tangan ibu dengan saya. Kenapa hari ini ibu lapisi tangan ?”
.
Dia bilang..
.
“Ustaz.. Kau bukan anak saya kan..”_
.
Subhanaallah.. Tiba-tiba dia sebut nama saya “Ustaz”. Saya bilang..
.
“Kenapa ibu panggil saya ustaz? Saya anak ibu..”
.
Dia berkata..
.
“Bukan.. Kalau anak saya dia tak akan seperti ini, kalau anak saya dia tak akan jadi imam saya, kalau anak saya dia tak akan suap saya makan..”
.
Bayangkan sahabat-sahabat bagaimana perasaan ibu ini, spontan saya pegang dia, saya peluk dia, saya menangis, saya bilang..
.
“Bu.. Walaupun bukan ibu saya tapi saya sayang ibu seperti ibu saya..”.
.
Saya pegang tangan ibu ini.. Walaupun bukan ibu saya tapi saya tahu hatinya sangat rindu dekat dengan anaknya, waktu itu saya pandang wajahnya, saya bilang..
.
“Bu.. Walaupun ibu saya telah tiada, tapi ibu boleh ganti menjadi ibu saya, ibu duduklah di sini..”.
.
Saat makan, saya suapkan nasi ke mulutnya, dia muntahkan balik makan dari mulutnya,
.
saya tanya..
.
“Kenapa bu ?”
.
Tiba-tiba saya lihat wajahnya pucat, saya angkat dia, panggil ambulan antar ke rumah sakit.
.
Waktu di RS, saya ambil kepalanya dan saya rebahkan ibu ini, dia pegang tangan saya dia berkata..
.
“Ustaz.. Kalau saya mati, tolong jangan beritahu sorang pun anak saya, kalau saya sudah mati, jangan beritahu mereka di mana makam saya, kalau mereka tau di mana kubur saya, jangan izinkan dia pegang batu nisan saya..”.
.
saya pegang beliau saya berkata..
.
“Bu.. Jangan ngomong seperti itu, bu..”.
.
Isteri saya menangis di sebelah, anak saya menangis di sebelah memegang dia. Kami pegang dia..
.
“Bu.. Jangan ngomong seperti itu, bu..”.
.
Dia geleng kepala, rupa-rupanya itulah saat penghujung hayatnya, akhirnya dia pun meninggal di atas ribaan saya di rumah sakit itu.
.
Dia meninggal dalam pelukan saya, saya doakan Ibu Hajjah Khalijah ini ruhnya mudah-mudahan bersama Salafusoleh.
.
Sahabat, bila kita masih ada ibu tolonglah taat pada ibu kita, jangan durhaka pada ibu kita, jangan tinggalkan dia di Pnati Jompo, saat ibu kita sakit kita jaga dia, pijat-pijat kepala dan kaki ibu kita..
.
sahabat-sahabat coba tanya ibu kita..
.
“Bagaimana penderitaan ibu saat mengandung saya dulu ? Bagaimana sakitnya ibu saat melahirkan saya dulu ?”.
.
Tanya ibu kita sahabat-sahabat sekalian.. Kalau kita tanya sudah tentu air mata ibu kita akan jatuh, karena itu sahabat-sahabat suapkanlah makanan pada ibu kita..
.
Sahabat-sahabat semua.. Selepas wafatnya ibu ini, ternyata berita kematiannya sampai juga kepada anaknya yang sulung, anak dia terus telefon saya..
.
Apa anaknya bilang pada saya..
.
“Saya akan bawa anda ke pengadilan, Saya akan tuntut anda telah membawa keluar ibu saya dari dari Panti Jompo”..
.
3 tahun dia titipkan ibunya di Panti, dia tak pergi lihat, sebab itu ibunya rindu hingga ibu itu tak bisa membedakan saya dengan anaknya..
.
Akhirnya saya tunggu, tunggu punya tunggu tidak ada kabar hampir setahun lebih. Saya pergi ceramah di Masjid di daerah pecinaan, selesai saya ceramah datang seorang lelaki memeluk saya.
.
Menangis dalam masjid, orang dalam masjid herab, ada apa ini, saya tanya pada dia..
.
“Pak, ada apa ini? Ada masalah apa..?”.
.
Dia berkata dalam keadaan menangis..
.
“Ustaz.. Tolong kasi tahu di mana makam ibu saya ustaz? Tolong kasi tahu di mana kubur ibu saya?”..
.
Saya bilang..
.
“Kenapa hari ini baru tanya kubur ibu kamu?”..
.
Dia bilang..
.
“Tolonglah ustaz.. Saya mau jumpa ibu saya ustaz, sayalah orang yang bergelar Tan Sri yang mau menuntut ustaz saat itu.. Saya sekarang ini sudah bangkrut ustaz, isteri saya mati kecelakaan, rumah disita bank, mobi mewah saya semua dah disita bank, tinggal satu saja, motor tua itu..”.
.
Saya berkata..
.
“Saya bisa tunjukkan makam ibu kamu, tapi dengan satu syarat, kamu jangan pegang batu nisan ibu kamu..”.
.
Sampai di pemakaman, tak sempat saya turun dari mobil, dia turun duluan, saya lihat didepan mata saya sendiri dia jatuh tersungkur tangan nya menjadi hitam, mulutnya tertarik sebelah yang tadi awalnya tangan dan mulutnya baik-baik saja, sambil memanggil-manggil..
.
“Ibu.. Ibuuu… Ibuuuu..”.
.
Tiba-tiba saya angkat dia tak jauh dari makam ibunya belum sampai ke kubur ibunya, dia dah hembuskan nafas terakhir disamping makam ibunya..
.
Allahu Akbarrrrrrrrrrrrr…
.
Mengucap panjang saya.. Allah SWT tunjukkan kepada saya, dikehidupan ini balasan anak yang durhaka pada ibu dan ayahnya.
.
Semoga kisah ini menjadi pelajaran di luar sana, ambillah iktibar dari kisah di atas.
.
“Dan apabila mata ibumu sudah tertutup maka hilanglah satu keberkatan disisi Allah, yaitu doa seorang ibu”‘

Semoga bermanfaat

CARA MALAIKAT MAUT IZRAIL MENCABUT NYAWA SERTA KEADAANNYA


Di dalam kitab “As-Suluuki” karya Syekh Muqatil bin Sulaiman di sebutkan:

“Sesungguhnya malaikat Maut as. mempunyai ranjang yang terletak dilangit ketujuh. Dan ada yang mengatakan, di langit yang ke empat”. Wallahu a’lam bishshowab.

Allah Ta’ala menciptakan malaikat Maut as. dari nur. Ia mempunyai tujuh puluh ribu kaki, dan bersayap sebanyak empat ribu. seluruh jasadnya dipenuhi dengan beberapa mata dan lisan. Tidak ada satu makhluk pun dari anak turun Adam as. dan termasuk burung-burung, juga setiap yang bernyawa kecuali baginya terdapat di tubuh malaikat Maut as.

Ia memiliki wajah, mata, tangan, dan telinga yang berjumlah sama dengan bilangan seluruh seluruh manusia. Maka ia mencabut nyawa dengan tangan itu, dan ia melihat dengan wajahnya yang bisa dengan tepat pada muka manusia yang akan dicabutnya. Demikianlah cara ia mencabut nyawa setiap makhluk dimana pun ia berada. Dimanapun makhluk itu berada, niscaya tak kan mampu selamat darinya. Jika seseorang telah meninggal dunia, maka akan hilang gambarnya dari jasad malaikat Maut as. itu.

Ada juga yang mengatakan, bahwa malaikat Maut as. memiliki empat wajah. Satu wajah ada di depannya, wajah yang kedua ada di atasnya, yang ketiga ada di atas punggungnya, dan yang ke empat berada di bawah kedua telapak kakinya. Maka ketika ia mencabut ruh para Nabi dan para malaikat, maka ia mencabut dari wajah yang ada dikepalanya. Ketika ia mencabut ruh orang-orang mukmin, ia menggunakan wajah yang ada di hadapannya. Ketika ia mencabut nyawa orang-orang kafir, dari wajah yang ada di punggungnya. Dan ketika ia mencabut nyawa para jin, maka ia menggunakan wajah yang berada di kedua kakinya. Salah satu dari kakinya berada di atas titian neraka Jahanam, dan yang lainnya berada di atas ranjang surga.

Ada sebagian yang mengatakan, karena saking besarnya malaikat Maut as. itu, jika seluruh air lautan dan seluruh air sungai di tuangkan di atas kepalanya, maka air itu tidak akan ada setetes pun yang menetes ke bumi.

Dikatakan, sesungguhnya Allah Ta’ala menjadikan dunia seluruhnya berada di dalam lambung malaikat Maut as. Lambungnya di umpamakan seperti meja yang di letakkan di depan seseorang untuk memakan dari apa yang di hidangkan di hadapannya menurut apa yang ia kehendaki. Seperti itulah malaikat Maut as. menghadapi seluruh makhluk yang ada di seluruh jagad ini. Seperti halnya ketika anak turun Adam as. dalam membolak-balikkan uang logam (dirham).

Dikatakan pula bahwa malaikat Maut as. tidak akan turun kecuali pada saat mencabut ruh para Nabi dan para Rasul. Karena ia mempunyai beberapa khalifah (utusan) untuk mencabut nyawa binatang buas dan beberapa binatang yang lainnya (termasuk manusia).

Ada juga yang menuturkan, sesungguhnya Allah Ta’ala ketika menginginkan untuk merusak (membinasakan) makhluk-Nya dari jenis manusia dan yang lainnya, maka Allah Ta’ala tinggal merusak mata-mata yang berada pada jasad malaikat Maut as. Seluruhnya (sesuai yang Dia kehendaki), hingga tersisa delapan dari makhluk-Nya. Mereka adalah, malaikat Israfil as, malaikat Mika’il as, malaikat Jibril as, malaikat Izra’il as, dan empat yang lainnya adalah ke empat malaikat yang membawa ‘Arsy.

Untuk mengetahui akhir dari ajal seseorang, maka malaikat Maut as. tiba-tiba kejatuhan tulisan mati1. Dan catatan sakit bagi seorang hamba (yang akan sakit). Lalu malaikat Maut as. pun berkata:

“Ya Tuhanku, kapankah aku mencabut nyawa hamba-Mu itu, dan sebab bagaimana aku mencabutnya?”. Maka Allah Ta’ala berfirman:

“Hai malaikat Maut, ini adalah termasuk ilmu rahasia-Ku, yang tidak akan bisa dilihat seorang pun selain-Ku, akan tetapi Aku akan memberi tahukan kepadamu tentang kedatangan waktunya, dan Aku akan memberimu beberapa pertanda yang mana kamu akan melaksanakan perintah-Ku dengan pertanda itu. Sesungguhnya malaikat yang di serahi (untuk mengurusi) beberapa jiwa dan amal perbuatan para manusia akan datang kepadamu seraya berkata: “Telah sempurna rizki dan amal perbuatan si Fulan (nama calon mayit)”.

Dan jika orang itu (termasuk) orang yang bahagia, maka tampak jelas pada namanya yang ditulis dalam buku yang berada di depan malaikat Maut as. dengan tulisan yang terbuat dari nur (cahaya). Dan jika orang itu termasuk orang yang celaka, maka tampak jelas namanya akan tertulis dengan warna hitam. Kemudian belum sempurna bagi malaikat Maut as. untuk mengetahui hal yang seperti itu, sehingga ia kejatuhan daun dari pohon yang ada di bawah Arsy, dimana telah tertulis dalam daun itu nama orang yang akan di cabutnya, dan kapan waktunya orang itu harus di cabut nyawanya.

Telah diriwayatkan sebuah hadis dari Ka’ab Al-Akbar ra:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala telah menciptakan pohon di bawah Arsy, dan di atas pohon itu tumbuh dedaunan yang jumlahnya sama dengan bilangan seluruh makhluk. Dan ketika telah sampai ajal seorang hamba, dan umurnya hanya tersisa 40 hari, maka daun itu akan jatuh di atas tempat dimana malaikat Izra’il as. berada disitu. Maka ia pun akan paham, sesungguhnya ia telah di perintah untuk mencabut nyawa dari orang yang memiliki nama pada daun itu. Setelah jatuhnya daun itu, maka seluruh malaikat mulai saat itu menamakakan (menyebut) orang itu dengan nama “mayit” di alam langit. Orang yang namanya tercatat dalam daun itu disebut mayit oleh para malaikat mulai saat itu, padahal ia masih hidup di atas hamparan permukaan bumi selama empat puluh hari lagi”.

Apakah nama kita saat ini juga telah diganti dengan sebutan “mayit” oleh para malaikat? Jika memang iya, mulai kapan para malaikat menyebutnya? Andai kita mengetahui akan hal itu, niscaya sisa umur kita yang tinggal sesaat lagi itu akan kita gunakan untuk amal yang paling berharga dalam hidup kita. Dapat di pastikan, kita akan beribadah sekuat tenaga. Bahkan kita pun tak kan menyisakan waktu sedikit pun untuk makan dan minum serta tidur. Karena sesungguhnya, setelah kehidupan ini usai, jasad kita hanya tertidur selamanya untuk menantikan datangnya hari kiamat. Untuk apa lagi menumpuk harta dunia, jika ternyata kehidupan kita di bumi ini tidak lebih dari empat puluh hari?

Dalam hal ini ada juga yang mengatakan, sesungguhnya malaikat Mika’il as. akan turun kepada malaikat Maut as. dengan membawa buku dari Allah Ta’ala yang berisi nama, tempat, dan sebab-sebab dari seorang hamba yang diperintahkan untuk dicabut nyawanya.

___________________________

1. Tulisan yang berisi tentang siapa yang harus di cabutnya.

Abu Laits ra. menyebutkan: “Telah turun dua tetes dari bawah ‘Arsy, di atas nama yang mempunyai tetesan itu. Salah satu dari dua tetesan itu berwarna hijau, dan yang lainnya berwarna putih. Ketika yang jatuh di atas nama itu berwarna hijau, maka bisa diketahui bahwa orang yang mempunyai nama itu ternasuk orang yang celaka. Dan ketika tetesan itu berwarna putih, maka orang yang mempunyai nama itu termasuk orang yang beruntung dan akan bahagia”.

Sedangkan untuk mengetahui tempat matinya seorang hamba, maka diriwayatkan, bahwasanya Allah Ta’ala telah maenciptakan malaikat yang di tugasi mengurus setiap bayi yang akan dilahirkan. Malaikat itu dinamakan “malaikat Arham as”. Tatkala Allah Ta’ala menciptakan seorang anak (bayi), maka Allah Ta’ala akan memerintahkan kepada malaikat Arham as. untuk masuk pada sperma atau mani yang berada di dalam rahim seorang ibunya dengan membawa tanah dari bumi dimana kelak sang bayi itu akan mati di bumi atau daerah itu. Dengan begitu, kematian seorang hamba telah ditentukan daerah atau tempatnya sebelum ia dilahirkan. Bahkan sebelum berbentuk janin sekalipun.

Maka, setelah hamba itu dilahirkan, ia akan berputar (berjalan di permukaan bumi) sesuai dengan yang ia kehendaki. Ia akan berada dimanapun yang ia mau dan pada saat yang dia mau. Namun pada saat kematiannya akan tiba, ia akan menuju tempat dimana tanah (yang melekat di nuthfah atau mani yang menjadi asal kejadiannya dulu) di ambilkan dari daerah itu. Dengan sendirinya, dia akan menuju tempat kematiannya atas Kuasa Allah Ta’ala. Sehingga ia akan mati di sana. Dalam hal ini, Allah Ta’ala berfirman:

“..Katakanlah: Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ketempat mereka terbunuh..”. (Qs. Ali Imran: 154).

Dan berdasarkan firman Allah Ta’ala ini, terdapat sebuah cerita: “Sesungguhnya malaikat Maut as. pernah suatu waktu menampakkan dirinya (dalam bentuk seorang lelaki). Pada suatu hari, ia masuk kerumah Nabi Sulaiman as. Dan malaikat Maut as. itu manatap seorang pemuda yang berada disamping Nabi Sulaiman as. hingga pemuda itu menjadi gemetaran karena ketakutannya pada tatapan malaikat Maut as. Ketika malaikat Maut as. pergi, pemuda itu berkata pada Nabi Sulaiman as:

“Wahai nabinya Allah, sesungguhnya aku menghendaki agar engkau memerintahkan kepada angin supaya membawaku pergi ke negeri Cina”. Maka Nabi Sulaiman as. pun menuruti permintaannya dengan memerintahkan kepada angin, dan angin pun membawa pemuda itu ke negeri Cina. Dan malaikat Maut as. kembali kepada Nabi Sulaiman as. Maka Nabi Sulaiman as. menanyakan tentang sebab kenapa malaikat Maut as. menatap pemuda itu dengan tatapan yang sangat. Malaikat Maut as. Menjawab:

“Sesungguhnya aku diperintah oleh Allah Ta’ala untuk mencabut nyawanya pada hari ini di negeri Cina. Tapi aku tadi melihatnya ia masih berada disampingmu. Aku menjadi heran dengan hal yang demikian itu”. Kemudian, Nabi Sulaiman as. menceritakan kepada malaikat Maut as. tentang permintaan pemuda itu yang meminta padanya untuk memerintahkan pada angin agar membawanya terbang ke negeri Cina. Maka malaikat Maut as. Berkata:

“Aku di perintahkan oleh Allah Ta’ala untuk mencabut nyawanya hari ini di negeri Cina”. Dan setelah itu, malaikat Maut as. menyusulnya ke negeri Cina, tempat yang sekaligus saksi tentang pencabutan nyawa seorang pemuda yang tak kan mampu mengelak dari ketepatan dan tempat maut akan memisahkannya dari dunianya. Demikian itu agar menjadi ayat bagi makhluk-makhluk yang akan mati setelahnya.

Di ceritakan dalam hadis yang lain: “Sesungguhnya malaikat Maut as. itu mempunyai beberapa pembantu. Yang mana semuanya akan berdiri dihadapan malaikat Maut as. ketika ia sedang mencabut nyawa.

Apakah kamu tidak mengetahui, sesungguhnya telah di ceritakan. Bahwa dahulu kala, ada seorang lelaki yang dengan lisannya dia selalu berdo’a:

“Allaahummaghfirlii wa limalakissysyamsi”. Ya Allah..semoga Engkau mengampuniku dan mengmpuni malaikat yang menjaga matahari. Dengan do’a itulah, membuat malaikat penjaga matahari memohon izin pada Allah Ta’ala untuk mengunjungi pemuda itu. Ketika malaikat penjaga matahari telah bertemu dan melihatnya, maka malaikat itu barkata kepadanya:

“Sesungguhnya engkaulah yang paling banyak mendo’akanku, maka sekarang apa yang engkau inginkan?”. Lalu, lelaki itu menjawab:

“Keinginanku adalah, agar engkau membawaku ketempatmu, sesungguhnya aku menginginkan agar engkau bertanya mengenai diriku kepada malaikat Maut as. Supaya engkau mengkhabarkan kepadaku tentang dekatnya (kapan tiba) ajalku”. Lalu malaikat penjaga matahari itu segera membawa lelaki itu dan mendudukkannya di dekat matahari. Keudian ia pergi mendatangi malaikat Maut as. dan mengatakan apa yang ingin diketahui sahabatnya itu seraya berkata, dia berkata:

“Sesungguhnya ada seorang lelaki keturunan Adam as. yang berdo’a dengan lisannya, seraya mengucapkan pada setiap sholatnya sebuah do’a: Allahummaghfirlii wa malakissysyamsi. Ia benar-benar telah meminta kepadaku agar bertanya kepadamu (tentang dekatnya ajalnya) supaya ia bisa bersiap-siap”. Kemudian malaikat Maut as. membuka dan melihat bukunya, dan mencari nama lelaki itu serta berkata:

“Jauh sekali, sesungguhnya temanmu itu berada di dalam masalah yang besar, dan ia tidak akan mati, sehingga ia duduk ditempat dudukmu (yaitu) di dekat matahari”. Kemudian malaikat penjaga matahari berkata:

“Sekarang ia telah berada di tempat dudukku, di dekat matahari”. Maka malaikat Maut as. berkata:

“Ia akan mati di hadapan utusanku di tempat itu, dan mereka semua tidak ada yang mengetahui”.

Dan dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad saw. bersabda: “Bahwa ajal seluruh binatang itu terletak di dalam dzikirnya kepada Allah Ta’ala, dan apabila ia meninggalkan dzikir kepada Allah Ta’ala, maka Allah Ta’ala akan mencabut nyawanya. Dan tidak ada bagi malaikat Maut dari pencabutan nyawa itu”.

Telah dikatakan, Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah Dzat yang mencabut beberapa nyawa. Hanya saja hal itu di mandatkan pada malaikat Maut as, sebagaimana disandarkannya mati kepada orang yang membunuh, atau mati yang di sebabkan dari sakit.

Hal ini difirmankan oleh Allah Ta’ala dalam ayat:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matiannya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya, maka Dia menahan jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai pada waktu yang di tentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir”. (Qs. Az-Zumar: 42).

KATAK DAN AIR MENDIDIH


Tempatkan Katak ke dalam panci di atas kompor, isi dengan air dan mulai panaskan air.

Saat suhu air mulai meningkat, Katak menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air. Katak terus menyesuaikan suhu tubuhnya dengan meningkatnya suhu air. Hanya ketika air akan mencapai titik didih, Katak tidak dapat menyesuaikan lagi. Pada titik ini, Katak memutuskan untuk melompat keluar.

Katak mencoba untuk melompat, tetapi tidak dapat melakukannya, karena telah kehilangan semua kekuatannya saat menyesuaikan diri dengan suhu air yang terus meningkat. Akhirnya Katak mati.

Apa yang membunuh katak?

Pikirkanlah!

Saya tahu banyak dari kita akan mengatakan air mendidih. Tapi sesungguhnya yang membunuh Katak adalah ketidakmampuan dirinya untuk memutuskan kapan harus MELOMPAT keluar.

Demikian juga dengan kondisi kita sekarang…
Ketika kita harus MELOMPAT dari zona nyaman kita
Jaman menunggu nasibmu berobah
Tapi berusahalah mencari peluang agar nasibmu berubah.
Jangan menyerah dengan takdir, kenapa saya miskin, kenapa saya susah, kapan saya sukses, kapan saya berhasil

Jangan meratapi nasib dengan pertanyaan diatas, berhentilah menyesuaikan diri

Mulailah MELOMPAT mencari dan mencoba sesuatu yang baru, jangan pernah takut untuk mencoba

Lebih baik gagal karna mencoba, dari pada mati karna menunggu..

Tetap semangat menjemput kesuksesan 😍

#copas
#Ayomenujuperubahan

ISTIGHFAR


ISTIGHFAR |
Imam Ahmad bin Hambal Rahimakumullah (murid Imam Syafi’i) dikenal juga sebagai Imam Hambali. Di masa akhir hidupnya beliau bercerita;
Suatu waktu (ketika saya sudah usia tua) saya tidak tau kenapa ingin sekali menuju satu kota di Iraq. Padahal tidak ada janji sama orang dan tidak ada keperluan.
Akhirnya Imam Ahmad pergi sendiri menuju ke kota Bashrah. Beliau bercerita;
Begitu tiba di sana waktu Isya’, saya ikut shalat berjamaah isya di masjid, hati saya merasa tenang, kemudian saya ingin istirahat.
Begitu selesai solat dan jamaah bubar, Imam Ahmad ingin tidur di masjid, tiba-tiba penjaga masjid datang menemui Imam Ahmad sambil bertanya; “Kenapa kamu di sini, syaikh?.”
Penjelasan
Kata “syaikh” boleh digunakan untuk 3 panggilan:
1⃣untuk orang tua,
2⃣orang kaya atau pun
3⃣orang yg berilmu.
Panggilan Syaikh dikisah ini panggilan sebagai orang tua, karena penjaga tu memanggil hanya sebagai orang tua.
Penjaga masjid itu tidak tau yang lelaki itu adalah Imam Ahmad. Dan Imam Ahmad pun tidak memperkenalkan dirinya. Di Iraq, semua orang kenal siapa Imam Ahmad, seorang ulama besar & ahli hadits, sejuta hadits dihafalnya, sangat shalih & zuhud. Zaman itu tidak ada kamera / gambar sehingga orang tidak tau wajahnya, cuma namanya sudah terkenal.
Imam Ahmad menjawab, “Saya ingin istirahat, saya musafir.”
Kata penjaga tu, “Tidak boleh, tidak boleh tidur di masjid.”
Imam Ahmad bercerita,
“Saya diusir oleh orang itu, disuruh keluar dari masjid, Setelah keluar masjid, dikuncinya pintu masjid. Lalu saya ingin tidur di birai masjid.”
Ketika sudah berbaring di birai masjid Penjaganya datang lagi, marah-marah kepada Imam Ahmad. “Kamu nak apa lagi syaikh?”. Kata penjaga itu.
Sy nak tidur, saya musafir”, kata Imam Ahmad.
Lalu penjaga masjid berkata;
“Di dalam masjid tidak boleh, di birai masjid juga gak boleh.” Imam Ahmad diusir. Imam Ahmad bercerita, “Saya diusir sampai jalanan.”
Di samping masjid ada penjual roti (rumah kecil sekaligus untuk membuat & menjual roti). Penjual roti ini sedang membuat adunan, sambil melihat kejadian imam Ahmad diusir oleh penjaga masjid tadi.
Ketika Imam Ahmad sampai di jalanan, penjual roti itu memanggil dari jauh; “Mari syaikh, anda boleh nginap di tempat saya, saya punya tempat, meski pun kecil.”
Kata Imam Ahmad, “Baik”. Imam Ahmad masuk ke rumahnya, duduk di belakang penjual roti yg sedang membuat roti (dengan tetap tidak memperkenalkan siapa dirinya, hanya bilang sebagai musafir).
Penjual roti ini punya perilaku baik dan memuliakan tetamu. Kalau Imam Ahmad mengajak bersembang, pasti dijawabnya. Kalau tidak, dia terus membuat adunan roti sambil (terus-menerus) melafazkan ISTIGHFAR.
.
.
.”Astaghfirullah”
Saat meletakkan garam, astaghfirullah, memecah telur, astaghfirullah , mencampur gandum astaghfirullah. Dia senantiasa mengucapkan istighfar. Sebuah kebiasaan mulia. Imam Ahmad terus memerhatiknnya.
Lalu imam Ahmad bertanya, “Sudah berapa lama kamu lakukan ini?”
Orang itu menjawab;
“Sudah lama sekali syaikh, saya menjual roti sudah 30 tahun, jadi semenjak itu saya lakukan.”
Imam Ahmad bertanya;
“Apa hasil dari perbuatan mu ini?”
Orang itu menjawab;
“(lantaran wasilah istighfar) Tidak ada hajat / keinginan yg saya minta, kecuali PASTI dikabulkan Allah. Semua yg saya minta ya Allah… pasti saya akan dapat”
Rasulullah
صلى الله عليه وسلم
pernah bersabda;
“Siapa yg menjaga istighfar, maka Allah akan menjadikan jalan keluar baginya dari semua masalah dan Allah akan berikan rezeki dari jalan yg tidak disangka-sangkanya.”
Lalu orang itu melanjutkan, “Semua dikabulkan Allah kecuali satu, masih satu yg belum Allah beri.”
Imam Ahmad penasaran lantas bertanya;
“Apa itu?”
Kata orang itu;
“Saya minta kepada Allah supaya dipertemukan dengan Imam Ahmad.”
Seketika itu juga Imam Ahmad bertakbir, “Allahu Akbar..!
Allah telah mendatangkan saya jauh dari Bagdad pergi ke Bashrah dan bahkan – sampai diusir oleh penjaga masjid – Sampai ke jalanan, ternyata karena ISTIGHFAR MU.”
Penjual roti itu terperanjat, memuji Allah, ternyata yg di depannya adalah Imam Ahmad.
Ia pun langsung memeluk & mencium tangan Imam Ahmad.
(SUMBER: Kitab Manakib Imam Ahmad)
Wallahu a’lam

PESAN DOKTER HIDUP SEHAT


* WA dari IDI [ IKATAN DOKTER INDONESIA ] *

Buat Saudaraku
ini untuk Mengingatkan kembali jangan malas baca,
Cara Penyembuhan Penyakit dengan buah buahan/sayur-mayur yang ada di sekitar kita :

01.Wanita dilarang
menarik barang
beban, wanita harus
mendorong.

02.Jalan 50 langkah
memperbaiki tulang
tubuh, menaiki 20
anak tangga
memperbaiki tulang
lutut.

03.Kopi tidak disarankan
bagi WANITA, karena
dapat menyebabkan
Osteoporosis dan
mempercepat
menopause.

04.Rebus 10 helai daun
Salam dengan 2 gelas
air, minum tiap hari
selama 12 hari untuk
menurunkan kolestrol
dan darah tinggi.

05.Penyebab darah tinggi
adalah kekurangan
kalium. Semangka
, Timun adalah sumber
Kalium (disarankan
Semangka Kuning).

06.Jus pear + stroberi 4
buah menaikkan daya
tahan tubuh.

07.Anggur hitam
Menguatkan Jantung,
Anggur Hijau
melangsingkan Tubuh,
Anggur Merah
melebarkan Pembuluh
darah (agar tdk
tersumbat / anti
Kolestrol).

08.Labu kuning baik
untuk mempertajam
daya ingat anak
, dimakan wanita hamil
lebih baik.Untuk pria
Dewasa, Pumpkin
berguna untuk
menghasilkan Sperma
berkualitas.

09.Pisang untuk yang
sering kram dan
Kesemutan.

10.Manggis paling baik
untuk tulang.

11.Paprika
menyembuhkan
Diabetes, Sakit Tulang
dan anti Kanker.

12.Apel + buncis di juice
bersama dapat
menjadi obat
Pankreas/Diabetes.

13.Makan sayuran hijau
Siang hari anti Stroke.

14.Sayur memastikan
Protein tidak menjadi
Kanker.

15.Sayur memastikan
Karbo tidak menjadi
Diabetes

*Panduan Kesehatan*
01.Sering makan lalu
tidur bisa kena Kanker
Lambung karena Mag
tidak dapat istirahat

02.Hanya boleh makan
Empat butir telur per
minggu, selebihnya tdk
baik

03.Pantat Ayam
mengandung
Karsinogen (Penyebab
Kanker), jangan
makan Pantat Ayam

04.Makan buah
seharusnya Before
meal, bukan After Meal

05.Saat Haid jangan
minum teh apalagi teh
hijau, sebaiknya
makan sesuatu yang
bisa Nambah Darah

06.Jangan terlalu banyak
minum susu kacang,
jangan pake telur dan
gula

07.Makan Tomat
sebaiknya After Meal,
jangan perut Kosong

08.Tiap pagi bangun tidur
minum Segelas air
putih bisa cegah batu
empedu

09.3 jam sebelum tidur
jangan makan lagi,
bisa gemuk

10.Jangan minum teh
susu atau (teh tarik /
buble tea) karena
tinggi Kalori tinggi
Lemak tidak Bergizi
dan bisa Darah Tinggi
Kencing Manis

11.Jangan makan Roti
yang baru keluar dari
oven

12.Charger HP jangan
dekat tempat tidur,
harus berjarak 30 cm
lebih dari posisi tidur.

13.Tiap hari minum air
8-10 gelas untuk
hindari kanker
Kantong Kemih

14.Siang hari harus
banyak minum air
Putih, malam hari
harus sedikit minum
Air putih.

15.Minum kopi jangan
melebih dua cangkir
per hari, bisa
menyebabkan
Insomnia dan penyakit
Mag ( Lambung ).

16.Jangan makan
makanan yang tinggi
Lemak karena butuh
5~7 jam pencernaan,
mengakibatkan darah
terpusat pada
pencernaan dan
mengakibatkan
ngantuk krn otak
kekurangan supply
Darah.

17.Setelah jam Lima sore
jangan makan banyak
Karena Tubuh kita
tidak butuh banyak
Kalori

18.Sepuluh jenis
makanan sehat
a.Ikan laut dalam,
b.Pisang,
c.Jeruk bali
d.Roti full Gandum,
e.Sayur Bayam,
f. Bawang Putih
, g.Pumpkin,
h.Susu low Fat,
i. Daging ayam,
y.Buah Cherry

19.Kurang tidur bikin otak
tumpul, biasakan tidur
siang bisa awet muda.

Air lemon Panas bisa menolong anda seumur hidup
Lemon Panas membunuh Sel Kanker.
Terimakasih.
Selesai baca ini tolong Forward/WA lagi, karena bisa berguna bagi orang lain.

Semoga Bermanfaat untuk kita semua dan orang lain
SALAM HANGAT DARI dr. Deo Valendra Pahrudin

Salam Ikatan Dokter Indonesia